Beranda > Ilmu Pengetahuan > Meringkas Ilmu Pengetahuan Populer

Meringkas Ilmu Pengetahuan Populer

Tugas Bahasa Indonesia

Nama    : Muh. Nur Ardian

No    : 28

Kelas    : 8A

Judul    : Laut dan Samudera(Seas and Oceans)

Pengarang    : Felicty Brooks

Penerbit    : Usborne Publishing, Ltd

Alih Bahasa dan

cetak ulang    : Pakar Raya

Tahun terbit    : 2004

Jumlah hlm    : 32 lembar

Butir-butir isi pokok    :

No

Bab

Pokok-pokok Isi

1

Samudera
  • Samudera di dunia
  • Samudera yang berubah bentuk
  • Eksplorasi samudera

2

Kehidupan Dalam Samudera
  • Produsen terbersar dalam Laut
  • Zona kehidupan dalam Laut

3

Samudera , Cuaca, dan Iklim
  • Siklus air

4

Manfaat Samudera
  • Penangkapan ikan
  • Energy dalam Laut

5

Samudera dalam Bahaya
  • Penyebab kerusakan Samudera

6

Selamtkan Samudera
  • Cara menyelamatkan Samudera

Laut dan Samudera

Bumi 71% terdiri dari laut dan samudera. Diyakini tempat berawalnya kehidupan sejak tahun 500 juta tahun lalu adalah laut. Di bumi terdapat lima samudera utama yaitu: S. Hindia, S. Atlantik, S. Pasifik, S. Selatan, S. Arktika. Ilmu yang mempelajari laut dan samudera adalah oseonografi. Dahulu sekitar 200 juta lalu hanya terdapat satu samudera(Panthalassa), dan satu daratan(Pagaea), mulai terbelah sekitar 180 juta tahun lalu. Samudera terus berubah bentuk hingga kini, hal ini akibat dari pergerakan lempeng bumi yang bergerak dengan kecepatan ±5cm/tahun.

Dalam memetakan laut dan samudera manusia menggunakan berbagai alat, dantaranya: Penyelaman dengan alat SCUBA(maksimal kedalaman 70m), kapal selam dan ROV. Ada alat yang dapat memetakan laut tanpa masuk kedalam air yaitu sonar, sonar menggunakan prinsip pemantulan bunyi.

Kehidupan di laut dan samudera sangat beragam, banyak tumbuhan dan binatang hidup di dalamnya. Produsen terbesae dilaut adalah fitoplanton(planton tumbuhan) yang mendominasi kehidupan di laut dan samudera. Fitoplanton juga sebagi dasar dari piramida makanan. Di dalam laut dan samudera terdapat zona, yang setiap zona jumlah makhluk hidup berbeda. Zona laut dan samudera yang banyak terdapat makhluk hidup adalah zona eufoto. Zona eufoto terdapat dari 0-200m dari permukaan laut.

Samudera menyimpan 97% air di bumi oleh karena itu berpengaruh terhadap cuaca dan iklim. Adapun siklus air di samping ini: Matahari memanasi permukaan bumi sekaligus samuderaàAir menguap(jadi uap air) à Uap air berkondensasi à Kumulan uap air memadat dan membentuk awan à Awan terbawa angin sampai ke daratan à Awan menjatuhkan muatannya berupa hujan, salju, dan hujan es à Air hujan mengalir ke sungai dan sebagian diserap tanaman à Air kembali ke laut.

Laut memiliki banyak manfaat diantaranya: ikan yang melimpah, sumber tambang, sumber, energy potensial. Walaupu laut sangat bermafaat ada beberapa orang yang ceroboh memperlakukanya, membuat laut terancam. Polutan yang membahayakan laut: tumpaha minyak, pupuk pestisida dan zat kimia lain, sampah, limbah pabrik.

Mengingat manfaat Samudera yang besar, kita perlu melestarikannya. Hal-hal yang dapat kita lakukan: gunkan produk tanpa fosfat dalam membersihkan dan mencuci, hematlah air, jangan membeli hewan laut yang langka.

Kategori:Ilmu Pengetahuan
  1. 14 April 2010 pukul 10:37 AM

    sip sip sip..😀
    lanjutkan bos

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: